RSS

Ternyata proses mendapatkan Beasiswa Master ke Arab Saudi itu, Tidak sulit. Ayo apply!!

02 Jun

NDD3IRK8Adalah Rama Rizana, seorang teman yang baru saya kenal di awal tahun 2015, tepatnya bulan Februari.

Percakapan pertama di Whatsapp ketika itu membicarakan terkait pemesanan buku dengan judul “Syarah Ushul Tsalasah” karya Syeikh Utsaimin –rahimahullahu ta’ala-.

Percakapan demi percakapan, hingga sampailah saya menanyakan tentang kuliah yang sedang dijalani oleh beliau di King Fahd University of Petroleum and Mineral (KFUPM) di Dhahran, Arab Saudi.

Dari beliau, saya mengenal KFUPM, dan mengetahui bagaimana proses apply beasiswa kesana melalui note yang beliau buat.

Antara serius dan iseng mencoba, akhirnya saya yang merupakan mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota UGM semester 8 yang sedang sibuk-sibuknya ‘memikirkan’ skripsi pun mencoba untuk apply menggunakan panduan oleh bang Rama Rizana. Dari beliau pula saya mengetahui bahwa bahwa mahasiswa yang belum lulus bisa mengikuti pendaftaran asalkan tinggal mengerjakan tugas akhir saja.

Situs pertama yang saya buka ketika itu adalah www.ssbweb.kfupm.edu.sa , dan kemudian saya ikuti semua alur pendaftaran yang diminta. MasyaAllah, jujur. Sangat mudah dan simple sekali. Dalam sekali duduk saya menyelesaikan semua tahap pendaftaran dan hanya menyisakan proses upload dokumen yang diminta.

Dokumen wajib yang diminta untuk tahap awal hanya ada 4 saja, yaitu :

  1. Passport
  2. Transkrip
  3. SOP (Statement of Purpose)
  4. Surat rekomendasi 3 orang dosen

Setelah mengisi semua data di web, kemudian saya menyiapkan berkas-berkas yang diminta untuk di scan dan dilampirkan di situs pendaftaran.

Walhamdulillah untuk passport saya sudah punya. Berbekal dari kegiatan Kuliah Kerja Perencanaan yang pernah saya lakukan bersama angkatan 2011 ke Thailand pada tahun 2013. Kemudian untuk transkrip, saya mengurus ke bagian akademik dan Alhamdulillah hanya membutuhkan waktu 1 hari untuk mendapatkan transkrip (dalam bahasa inggris).

Kemudian ketika saya ingin mengurus SOP, saya sedikit agak kurang yakin. Saya kurang tahu diri bahwa bahasa inggris saya sangat tidak pantas apabila digunakan untuk membuat sebuah tulisan dan akan dibaca oleh orang asing. Hampir saja saya ingin membatalkan percobaan daftar ke KFUPM.

Dan saya ingin mengucapkan Jazakallahu khairan kepada teman saya Ruzali Rustam. Teman satu majelis dalam bahasa Arab yang juga merupakan dosen di Diploma UGM. Melalui beliau semangat saya muncul kembali setelah saya tahu bahwa beliau juga meng-apply beasiswa Doktoral ke KFUPM. Singkat cerita, beliaulah yang memberi semangat untuk menyelesaikan semua tahapan pendaftaran beasiswa, bahkan beliau menawarkan diri untuk mengoreksi tulisan bahasa inggris saya. Walhamdulillah Allah mudahkan hingga SOP bisa selesai dengan (cukup) baik.

Setelah itu, saya pun segera mencari 3 orang dosen yang kira-kira bersedia untuk memberikan rekomendasi beasiswa kepada saya.

Jazakumullahu khairan pula saya ucapkan kepada:

  1. Bapak Sarwadi (Sekretaris Jurusan Arsitektur dan Perencanaan UGM)
  2. Bapak Didik Kristiadi (Dosen Senior)
  3. Bapak Iwan Suharyanto (Dosen Pembimbing Tugas Akhir)

Meskipun hampir saja nyali saya ciut ketika tahu bahwa surat rekomendasi sampai hari H batas penyerahan berkas, belum juga kunjung di kirim oleh beliau. Sekali lagi, walhamdulillah.. Tepat pada hari H batas penyerahan surat rekomendasi, secara beruntun dosen saya mengumpulkan surat rekomendasi..

Alhamdulillah, saya bisa menyelesaikan semua tahapan awal pendaftaran berkas beasiswa.

Sekali lagi, ini antara serius dan iseng mencoba, kenapa? Karena sebenarnya file yang diminta oleh universitas sangat banyak, sekitar hampir 10 file. Namun saya memberanikan diri dengan hanya mengirimkan file yang wajib untuk diserahkan saja..

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari kamis tanggal 21 Mei 2015 saya mendapatkan e-mail dari gs-admission, bahwa saya dinyatakan lulus bersyarat di Jurusan Master City and Regional Planning (MCRP), dengan harus menyertakan nilai Toefl iBT 68 (Setara dengan Toefl PBT 515-525). Walhamdulillah.. Melalui note ini, saya memohon doa dari keluarga, karib kerabat, dan teman-teman agar Allah memudahkan proses ini.

Kepada rekan-rekan, jangan ragu dan bimbang ingin meneruskan pendidikan master ke Arab Saudi. Kenapa? Dengan pertimbangan berikut ini :

  1. Arab Saudi saat ini sedang melakukan peningkatan pendidikan dan membuka seluas-luasnya kesempatan mendapatkan beasiswa.
  2. Universitas di Arab Saudi tidak kalah dengan universitas lain di dunia, bahkan universitas di Arab Saudi terkenal pula dengan riset-riset meraka.
  3. Besaran beasiswa sangat besar, bahkan ada yang mencapai 2000 SR per bulan (Setara dengan 7 jt-an), plus biaya-biaya lainnya seperti buku, asrama, tiket liburan per tahun, dan biaya keberangkatan awal. Bahkan juga ada yang menyediakan akomodasi khusus bagi yang membawa keluarga
  4. Bisa langsung haji tanpa menunggu bertahun-tahun. Kalau di Indonesia dapat kabar dari teman sudah mengantri hingga 15-25 tahun
  5. Bisa umroh setiap bulan.
  6. Bisa belajar bahasa arab secara langsung.
  7. Bisa menghadiri kajian masyaikh secara langsung (bagi yang lancar memahami bahasa arab)

Masih belum tertarik kuliah di Arab Saudi? Silahkan baca ini https://www.facebook.com/notes/10152207228976269/

Mau tau panduan singkat mendaftar di KFUPM? Silahkan baca ini https://www.facebook.com/notes/10151232706346269/

Kalau ada pertanyaan-pertanyaan, coba baca ini dulu https://www.facebook.com/notes/rama-rizana/frequently-asked-question-faq-about-online-admission-in-kfupm/10152536484876269

Bagi teman-teman yang ingin mendaftar di KFUPM, untuk tahun ini masih ada kesempatan di gelombang ke-2 dengan batas akhir bulan September 2015 (Untuk tanggal mulai dan batas tanggal terakhir kurang tahu)

Untuk sementara ini dulu..

Sekali lagi mohon doanya semoga Allah memberikan yang terbaik..

Best regards. Akbar Abdulfattah

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Juni 2015 in Kuliah

 

Tinggalkan Balasan

 
